Cute Hello Kitty 13

Selasa, 26 Februari 2013


Pengertian dan Definisi Blog
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). 
Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi


Sejarah Blog….
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm ataubadai blog.

Jenis-jenis blog

·         Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
·         Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
·         Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
·         Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
·         Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
·         Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
·         Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
·         Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
·         Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
·         Blog agama: Membahas tentang agama
·         Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
·         Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
·         Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
·         Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
·         Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
·         Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
·         Blog Virus (Virus): Digunakan untuk merusak

Risiko kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

1. Baca sebelum menulis – Sebelum menulis komentar, yakinkan kalau kita telah membaca dan mengerti postingan. Mengirim komentar dengan cepat yang tidak berhubungan dengan posting tidak akan memberikan blog kita beberapa pengunjung baru. Ulangi membaca komentar kita sebelum disubmit.
2. Sopan – Tata krama yang baik adalah hal penting ketika memberikan komentar pada blog lain. Kita tidak akan pergi ke rumah orang lain dan berperilaku tidak pantas kan? Sama halnya dengan blog. Hanyak karena kita tidak saling bertatap muka tidak berarti kita bisa bertingkah laku seperti idiot. Jika kita sopan, itu akan memudahkan kita di dalam membuat persahabatan baru dengan blogger lain.
3. Senyum – Emoticon bagus ditambahkan dalam memberikan komentar. Sebuah senyuman dapat membuat perbedaan besar. Bila memberikan pujian kepada penulis, senyumlah. Bila menyuarakan pendapat berbeda, senyumlah. Sebuah senyuman dapat mengeluarkan getaran persahabatan. Percayalah! 
4. Kontribusi – Sebanyak mungkin, cobalah untuk meninggalkan komentar yang menambah nilai pada diskusi. Komentar seperti, “Saya juga!”, atau “Wow nice!” sering menyebabkan kerutan pada dahi dan menunjukkan bahwa pendapat kita tidak layak dibaca. Secara pribadi, aku tidak mempermasalahkan komentar seperti ini, tapi untuk blog lain, lebih baik untuk meninggalkan komentar yang mempunyai “nilai”.
5. Jangan rendah diri – Ketika melihat kesalahan pada sebuah postingan, atau tidak setuju dengan pendapat penulis, lakukan dengan cara yang baik. Kita bisa saja menjadi orang paling pintar sedunia namun jangan menyebabkan gesekan pada orang lain. Suarakan pendapat kita dengan cara yang bersahabat dan kita akan mendapat teman baru. Ingat, yang benar-benar baik tidak harus membual.
6. Ketika ragu, tanyalah – Ketika kita membaca sebuah posting yang kita sangat ingin berkomentar namun tidak bisa karena kita tidak mengerti benar, lakukan dan bertanyalah untuk klarifikasi. Kebanyakan penulis akan senang menguraikan secara terperinci pada postingan mereka. Kebanyakan penulis blog akan menghargai ketika pembaca mereka menunjukkan ketertarikan pada artikel dengan bertanya.
7. Buatlah kesan yang baik – Berkomentar pada blog lain adalah cara lain untuk memasarkan diri dan blog kita. Apabila kebanyakan komentar kita secara jelas adalah komentar hit and run untuk mendapatkan backlinks atau masuk ke dalam daftar “Top Komentator”, kita tidak sedang menggambarkan diri kita dengan baik. Menulis komentar yang berarti dan merespon pada komentar lain adalah cara yang bagus untuk meninggalkan kesan yang baik pada penulis blog dan pembacanya.
8. Jangan nyolot – Bila kita merasa perlu berkomentar pada sebuah postingan yang tidak kita suka atau pada sebuah artikel yang tidak kita setujui, jangan memulai dengan nyolot (flame-red). Hinaan, saling mengatai dan komentar yang sarkastik tidak akan memberi kita pembaca baru atau teman. Bila kita tidak dapat membantu namun merasa berlawanan dengan penulis, jangan membuang-buang waktu dan energi. Just leave. Ada ribuan blog yang dapat kita kunjungi.
9. Humor – Setiap orang suka tertawa yang sehat. Cobalah memasukan sedikit humor pada komentar kita. Bila kita dapat membuat penulis dan pemberi komentar yang lain tertawa, ada kemungkinan besar mereka akan berkunjung ke blog kita dan menjadi pembaca yang setia.
10. Kembalilah – Bila sudah selesai dengan semua hal di atas. Selanjutnya apa? Kita harus mencoba kembali pada blog yang kita kunjungi untuk berkontribusi. Itu cara terbaik untuk “meninggalkan jejak”. Kebanyakan penulis blog akan mengingat mereka yang secara reguler meninggalkan komentar dan biasanya menjadi pemberi komentar yang reguler juga pada blog orang tersebut.


Cara membuat blog


Cara Membuat Blog. Bagi anda yang ingin sekali membuat blog, kali ini saya akan mencoba berbagi tips kepada anda bagaimana Cara Membuat Blog dengan mudah dan cepat. Sebenarnya banyak sekali situs yang menyediakan blog gratisan tersebut, namun saya disini menjelaskan membuat blog dengan menggunakan layanan dari blogger atau blogspot. Blogger ini salah satu layanan blog gratisan yang terbesar dan paling banyak penggunanya.

Sebenarnya membuat blog itu sangat mudah sekali seperti halnya 
membuat facebook maupunmembuat email. Dari pada banyak basa-basi langsung saja untuk melihat tutorialnya di bawah ini.

Pertama untuk memulai membuat blog silahkan untuk mengenjungi situs 
blogger.com. Setelah halamannya terbuka, silahkan anda cari tombol Sign Up di pojok kanan atas seperti contoh gambar dibawah ini
Kedua, kalau sudah di klik terus muncul form seperti gambar di bawah ini. 

Name: Isi dengan nama anda.
Choose Your Username: Isikan username pilihan anda, ini nanti juga dibuat menjadi alamat email anda.
Birthday: Isi tanggal lahir, bulan dan tahun anda.
Gender: Kalau anda pria pilih yang male, kalau anda wanita pilih sebaliknya yakni yang female. Kalau anda masih belum yakin dengan gender anda, anda bisa memilih other hehehehe.
Mobile Phone: Isikan no handphone anda, nanti untuk dibuat verifikasi akun anda.
Your Current Email Address: Di kosongi juga tidak apa-apa
Lalu isi kode verifikasi seperti gambar diatas, kemudian centang untuk menyutujui pembuatan akun tersebut.
Kemudian tekan tombol next step.

Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini, anda lewati saja dengan menekan tombol next step. Untuk mengunggah foto di akhir tahap juga bisa.


Kemudian muncul seperti gambar dibawah ini, langsung saja anda klik Back to Blogger.




NB: akhirrudinblog@gmail.com itu untuk masuk kedalam akun kita, jadi jangan sampai lupa dengan alamat email anda sendiri.

Jika anda melihat gambar seperti dibawah ini abaikan saja, untuk mempercepat proses pembuatan blog tersebut. Langsung saja untuk klik tombol Lanjutkan ke blogger.




Jika sudah menekan tombol lanjutkan ke blogger, anda akan masuk kedalam tampilan utama pada blogger. Di situ anda bisa melakukan apa saja untuk blog anda. Langsung saja membuat blog klik new blog atau blog baru seperti gambar di bawah ini.



Setelah memilih tombol new blog atau blog baru tadi, akan dibawa menuju halaman blog. Kemudian isi title atau judul blog dengan keinginan anda. Pada bagian address atau alamat, anda bisa mengisi alamat tersebut dengan keinginan anda, kalau sudah pilih template atau tema kesukaan anda. Contoh seperti gambar dibawah ini, jika sudah klik tombol create blog atau buat blog.



Selamat blog anda sudah berhasil di buat. Untuk mengisi artikel di blog anda, anda bisa mengeklik tombol gambar pensil seperti gambar dibawah ini.




Ok sampai disini dulu tutorial dari 
berita terkini mengenai Cara Membuat Blog, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan dapat membantu anda untuk membuat blog baru. Ikuti terus tutorial menarik lainnya seperti 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar